02 September 2009

Gempa Tasikmalaya


Tanggal 2 september 2009, tepat pukul 3 sore lebih, telah terjadi gempa bumi tektonik di sekitar daerah Tasikmalaya dan sekitarnya. Menurut laporan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG)Gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala richter dengan kedalaman 30 km di sebelah barat daya lepas pantai Tasikmalaya.
Gempa tersebut dirasakan bukan hanya di daerah Priangan Timur, Bandung, Jakarta, bahkan Bengkulu, Jawa Tengah dan terasa sampai ke Bali. Gempa tersebut dirasakan selama kurang lebih 10 menit dan berlangsung dua kali dengan kekuatan yang relatif lebih rendah. Akibat gempa ini, banyak warga Tasik yang enggan kembali ke rumah karena takut terjadi gempa susulan.

Saya sendiri yang bertempat tinggal di Ciamis, merasakan gempa tersebut sangat kuat. Ketika itu sedang di menonton tv, tiba-tiba terasa goyangan kecil, sempat terpikir untuk tidak dulu keluar, karena biasanya hanya gempa kecil yang sementara getarannya. Tetapi kekuatannya makin kuat, banyak orang menariakan lafadz Laa illahaillaloh.... dengan berlarian ke luar rumah. Ketika itu dirumah hanya ayah, teteh dan saya sendiri. Sambil meneriakkan asmaNya kami menatap depan rumah yang dengan jelas dan dengan mata kepala sendiri dinding-dinding rumah bagian atas retak dengan cepat. Kami mulai berlarian menjauh ketika dinding itu retak. Ada pengalaman yang saya alami. Disaat lari menjauhi rumah, tepat samping kiri saya genteng-genteng berjatuhan dari rumah tetangga, Alhamdulillah saya selamat dari jatuhan genteng tersebut. Gempa pertama mulai reda, dan saya mulai lihat teteh dan ibu-ibu menangis saling memeluk. Dengan gemetar kami kembali menengok robahan genteng-genteng, dan ayah pun masuk untuk mengamankan beberapa barang, belum berapa lama gempa terjadi lagi, kami mulai berlarian begitu juga ayah saya langsung keluar dengan panik.
Suasana hari itu terasa kelam, menegangkan dan benar-benar tidak menyangka akan "bertemu" gempa yang sampai merusak bagian-bagian rumah.

Orang-orang dengan rasa cemas masih diluar rumah, sambil diiringi isak tangis.
Kebetulan ibu saya sedang keluar rumah naik motor, dan saya disuruh menyusulnya ke daerah alun-alun sampai pasar. Di perjalanan, pertama yang dilihat Hotel Tyara yang cukup besar itu terlihat retak-retak, memasuki daerah alun-alun, disini bangunan lebih parah lagi, daerah Swadaya, terdapat bangunan yang roboh depannya, selain itu Toserba Yogya yang menjulang tinggi retak-retak dan pakaian yang digantung, berserakan dimana-mana, para pegawai dan pembeli berkumpul di daerah jalan HOS Cokro, sambil diiringi isak tangis. Tidak jauh dari Yogya, tepatnya disamping Puspita Cipta atau depan toko asesoris SIMPLE terdapat bangunan roboh.

Saya mulai berangkat lagi ke daerah pasar, disana masih banyak orang berkumpul di luar. Di sekitar RS.Permata Bunda, banyak pasien yang dilarikan keluar akibat takut tertimpa reruntuhan bangunan.

Kembali ke gempa di sekitar tasik, informasi terakhir terdapat korban jiwa dalam kejadian gempa Tasik ini.
Saya liat di tvOne ada sekitar 6 orang meninggal dunia di Banjar, Sukabumi 2 orang, Cianjur kurang lebih 15 orang, Garut 4 orang, dan Tasikmalaya 8 orang, Bandung 9 orang, Ciamis 4 orang, Bogor 2 orang, Sukabumi 2 orang, mungkin jumlah ini akan bertambah seiring dengan hilangnya beberapa warga. Info terbaru ternyata sudah mencapai 52 orang meninggal akibat gempa di daerah jawa barat.

Ini semua merupakan ujian kita ditengah melaksanakan Ibadah Puasa, Yaa Allah ampuni dosa-dosa hambaMu ini, kami merasa gemetar dengan kekuatan yang belum seberapa dariMu ini Yaa Allah. Kami begitu kecil dihadapanMu.
Selamatkanlah keluarga kami, kerabat kami, muslimin wal muslimat dimanapun berada, terimalah mereka yang telah menghadap disisiMu akibat ujian ini. Amin

Semoga kita bisa lebih takwa dan khusuk dalam menjalankan ibadah puasa ini, setelah melihat kebesaran Allah ini. Terakhir semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabara. Amin...



>>> Inilah salah satu ruangan korban gempa tepatnya di kamar sayah...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


- Anda klik 10 iklan/hr = $0.125
- 20 downline klik 10 iklan per hari = $2.00
- penghasilan harian Anda = $2.125
- penghasilan bulanan Anda = $63.00
Minimum Payout $10 via Paypal

Translate this Blog

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Al Ayat

Schedule of Salat Ciamis

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini